This site chose VeriSign Trust Seal to promote trust online with consumers.
ABOUT TRUST ONLINE  

Penipuan Berkedok Undian XL

Pada Hari Ahad (5 April 2009), sekitar pukul 13.30 WIB, seusai saya membeli makan di warteg buat ibu saya (kebetulan ibu saya lagi di Bandung), tiba-tiba nomor HP saya yang XL berbunyi. Seseorang memberitahu saya via HP tersebut bahwa nomor XL saya terpilih sebagai 5 besar, memenangkan undian XL dengan total hadiah undian sebesar 10.500.000 rupiah. Ada pun 500.000 rupiah sebagai “apa an au ah gelap” dan 10 juta na bakal ditransfer langsung ke rekening saya. Dan orang ini menanyakan nomor rekening saya agar uang sejumlah 10 juta tersebut dapat segera ditransfer. Sebenernya saya agak ragu-ragu seh, tapi ya wess dicoba ajalah. Begitulah.. dalam waktu kurang dari 20 menit saya disuruh segera ke ATM terdekat, tidak boleh mematikan HP na dan begitu sampe ATM ucapkan kata “Halo” yang mana saat itu akan direkam dalam acara ANTV pukul 19.00 WIB, begituh katanyahhh. Begitu sampe ATM dan melaksanakan perintah orang tersebut, lalu orang tersebut menyuruh saya melakukan “ini itu” dan saya menuruti saja instruksi tersebut sampai.. akhirnya ia menyuruh saya untuk meng-klik opsi “transfer” pada pilihan yang ada di ATM. Spontan saya kaget lantaran pada logika saya.. lah.. kok.. malah saya yang harus mentransfer sejumlah uang seh? Langsung aja saya pencet tombol “Cancel” dan langsung keluar dari ATM dan tidak mengindahkan apa-apa yang diinstruksikan oleh orang tersebut. Namun ne orang masih aja nelpon terus. Saya mah nge-klik “Answer” pada opsi HP saya namun.. ne orang ngomong apaan kek gak saya pedulikan lagi. Saya langsung aja ke kantor polisi terdekat dan ngasi tau bahwa telah terjadi percobaan penipuan via HP dengan dalih adanya undian berhadiah dari XL.

Hmmm.. salut juga seh sama XL, saking murahnya ne operator ngasi harga, sampe-sampe dipake orang untuk nelpon ke banyak orang dengan maksud menipu orang lain. (Ya iyalah saya juga klo mo nipu orang enakan pake pulsa dari XL, cuma 0,001 rupiah gtu loh!) Sebel juga seh lantaran gara-gara kasus ini, saya sampe harus ke ATM segala. Benar-benar udah membuang-buang waktu saya. Mungkin sebelum nelpon saya dia bikin acara “motong ayam” dulu kali ya en baca jampi-jampi agar saya terpengaruh ama pelet na. Jelek-jelek gini saya pernah dipelet orang loh pemirsa. Sampe-sampe waktu didatengin paranormal untuk ngecabut pelet yang mengena ke diri saya, saya sampe hampir ambruk ke lante (geleng-geleng kepala mode). Negeri impian ini.. bener-bener deh..

Sekedar saran aja seh kepada para operator, udah deh yang namanya banting-bantingan harga tuh agak dikurangi gitu. Dan klo mo bikin acara undian dibikin yang jelas sejelas-jelasnya mengenai aturan undiannya. Agar jangan sampe dimanfaatin orang yang gak bertanggungjawab untuk menipu orang lain. Tau gak pemirsa, nomor XL saya yang ditelpon oleh orang itu, jadi ingin saya buang! Sekedar info aja, orang yang bermaksud menipu saya via HP tersebut memiliki nomor HP berikut ini: 0819-685-989. Terima kasih juga ya pada Depkominfo, ternyata mendaftarkan info personal di HP tidak terlalu signifikan dalam men-track suatu kejahatan. Yang ada malahan di HP saya masuk berbagai sms iklan dan bahkan.. ada yang iklan sms yang menyuruh saya agar mengirim ke polling sms. Capuek duech!

Tags: , ,

21 Responses to “Penipuan Berkedok Undian XL”

  1. Tengku Datuak Says:

    saya juga pernah pak yang kayak gni…cuma kebetulan ngakunya dari telkomsel…dari logat orang yang ngomongnya,,kayaknya orang batak gtu makanya ngomongnya agak keras (maklum saya dari sumatra…jadi udah hafal sama aksen medan )…pertamanya saya nurutin gtu kayak bapak…trus pas dia mnta no rekening…saya bilang: saya maunya tunai…kita ketemu dmana dan jam berapa?. trus dia jawab:”ni mekanismenya harus lewat transfer pak”…langsung saya jawab saya gak percaya yang kayak gtuan…trus dia jawab apa coba pak?
    dia jawab:”KALO GAK PERCAYA DITUTUP SAJA TELEPONNYA DARI TADI, ANJ**G “…..Weleh…saya ma temen-temen saya ketawa2 karena sengaja saya loudspeaker percakapannya…heheh….emang lagi musim ya pak…. (tengkudatuak.blogspot.com) (vankluet@yahoo.co.id)

    (Dodi): ya wess, pengalaman menjijikkan.. wa alaikum ajahhh..

  2. wikie Says:

    kemaren sya juga pernah kyk gt pak…kemaren tgl 19 juli 2009…..saya ditelpon sma org dr no hp 087771174835
    087771174827
    08179880874
    dya blg sya dpet undian dr proXL, dengn hadiah
    Rp. 25.000.000,-, dan sepeda mtor Jupiter MX…tapi sya disuruh beli voucher xl dengan hrga 300.000,-
    tapi n disuruh ke AtM untuk mengambil uangnya, tapi apa yg terjadi mlh tidak dapat hadiahnya,mlh rugi tenaga n waktu ngurusin kyk gt….gaya bahasanya kyk org batak gitu..
    uuuuhhh..sebel banget…
    HAHAHAHA…MGA TEMEN2 TIDAK MUDAH TERTIPU SEPERTI SYA… (arvanest@yahoo.com)

    (Dodi): Wa alaikum :) moga2 yg seperti itu cepet ketangkep sekalian dengan kawan2 nya yg sudah tertangkap :)

  3. yuni Says:

    Saya sering di sms seperti itu dan saya balik sms, jangan suka menipu kasian ibunya ngelahirin cuma jadi seorang penipu…
    belum lama ini sekitar dua harian yg lalu juga ada sms yg katanya anda menang undian plus - plus yg di-undi di RCTI jam 23.30 tadi malam, setelah dikonfirmasi, disuruh datang langsung dgn membawa copy-an 2 KTP berikut 2 voucher seharga Rp.50.000. Tapi ga saya layani (sri83_yuni@yahoo.com)

    (Dodi): Kasian.. (kayak orang yang gak mampu mengenali diri sendiri ya..) :)

  4. suprax Says:

    baru saja saya ditelepon oleh seorang Indra Gunawan yang ngakunya dari xl….mengatakan hal yang sama bahwa saya mendapat hadiah sejumlah 10.500.000 dan juga bonus pulsa ini itu….ditelepon dikatakan bahwa hadiah yang 10.500.000 dapat diambil langsung di kantor pusat xl di mega kuningan atau transfer ke rekening saya…trus saya katakan bahwa saya tidak punya rekening…eeehhhh….malah langsung diputus…awalnya sih saya sempat tergiur juga karena kepintarannya “ngoceh” disertai kalimat “demi allah” dsb… kemudian untuk memastikan saya coba hubungi no telp td dari no sy yang lain…saya mengaku sebagai orang lain, dan menanyakan ini itu seputar undian berhadiah.dan sekali lagi dia ngoceh seperti kaset rekaman yang ud basi….saat ditanyai rekening saya katakan akan menghubungi lagi untuk memastikan no rekening yang akan saya gunakan seolah-olah saya sudah terperangkap dalam jebaknya.
    Selanjutnya saya langsung mengakses website xl untuk mencari kebenaran dan bertanya juga pada mbah google seputaran hal ini….
    Saat saya memasukkan kata kunci 10.500.000+xl muncullah link ke halaman ini…..dan ternyata semakin meyakinkan saya bahwa ini tidak benar 100%!

    Yah, buat mas Indra Gunawan semoga amal baiknya menelpon saya dapat diterima disisi Tuhan….amin…..

    (Dodi): Ok, saya approve.. btw Anda baik sekali sepertinya mau mendo’akan :)

  5. dessy Says:

    aq tadi pagi sekitar jam 9 dapat sms juga.katanya sich no q dpt hadiah 57 jt (woooooo gile ya!) dr XL COMINDO, diundinya td mlm d RCTI. pertama aq bc isi smsnya, aq langsung g percaya karna dah keseringan dpt gituan. tp, kok dia bawa-bawa stasiun Tv gitu aq jd ragu bener g sich nie? aq g langsung telpon dia karna aq takut kena hipnotis. terus aq cari tau deh d internet ehh g taunya bener-bener penipuan.

    (Dodi): Ok, saya approve..

  6. Henky Says:

    Hati-hati terhadap no HP XL : 0817620301, ini no. HP penipu dengan mengatakan anda mendapat undian dari XL sebesar Rp. 10 Juta dan Pulsa 1 Juta. Penipu ini memakai Nama : Wisnu Rahmayuda dari XL Pusat. Dia berkedudukan sebagai Direktur Promosi XL ( entah XL yg mana ). Dan meminta no. kartu ATM dan meminta kita langsung ke ATM. Saya rasa rekan2 sekalian sebaiknya mencatat no XL dan nama dari penelepon yg mengatas namakan XL, sehingga rekan2 yg lain dapat mengantisipasi manusia2 yg rusak ini dari penipuan mereka.

    (Dodi): OK, saya approve..

  7. farid Says:

    Kasus yg sama terjadi pada saya hr ini : Rabu, 11 November 2009 jam 10.30 wib. Nmr HP XL saya dihub oleh nomor : 0817747809, dia mengaku bernama edi dr operator XL Jakarta. Dalam perbincangan itu dia mengatakan kalau nomor HP saya masuk dlm daftar 5 nomor XL terbaik dgn urutan 2 dgn mendapatkan bonus pulsa 1 juta rupiah dan uang tunai 7,5 juta rupiah sebagimana yg ditayangkan oleh ANTV. Mendengar pembicaraannya saya sok jd pendengar setia aja dengan berkata: lalu? Setelah semuanya dia jelaskan, tibalah pembicaraannya bahwa uang tersebut akan ditransfer melalui rekening dgn menanyakan kepada saya; Bpk menggunakan rek. bank mana dan nomornya berapa? Dengan terkesan santun saya menjawab: Saya ga punya rekening. Tp dia menimpali: pake rekening teman aja, ga apa2 pak. Entar kalau nmr rekeningnya uda ada tlg saya ditelp pak. Pembicaraanpun terputus. Dengan hati yg sedikit jengkel, suara hati saya mengatakan: Ko’ masih banyak juga yg doyan nipu ya…utk menafkahi hidupnya. Mudah2an dia cepat sadar aja. Dan kita semua wajib hati2 menyikapi kasus semacam ini.

    (Dodi): Ok, saya approve..

  8. Albert Says:

    Yap sama, hari ini saya dapat dua kali panggilan dari no. 0818631709 an. Hadi Indra Gunawan dan no. 0818631779 ttg. 10.500.000+xl .

    (Dodi): OK, saya approve..

  9. sofrie Says:

    iyah nih saya juga dapet telp ginian…
    buang-buang waktu aja..
    saya bilang aja kalo dapet undian gitu saya ntar urus ke xl center..
    no nya ini nih : 0818630572 (sofrie@plasa.com)

    (Dodi): Saya juga pernah dapet sms mendadak pas saya lagi ngajar. Nomornya tuh 085221677997. Nanya kenapa saya gak ke XL? Saya yang gak tau maksudnya ya.. gak tau apa2 selain menganggap ini sms salah kirim. Moga2 bukan mahasiswa saya yang suka usil :) .

  10. fajar Says:

    uihhhhhh….pagi2 udah dpt sms bahwa menang undian dari XL berupa 1 unit HONDA JAZZ……12 Januari 2010 jam 05.39 WIB katanya juga udah di umumkan di RCTI..gw diminta menghubungi no 0819 4447 14XX…iseng2 dicoba ternyata gak bisa2…sms dikirim oleh nomor 0878429848XX…iseng2 juga coba menghubungi nomor itu…tetep…gak bisa juga…wahh klo gitu bener apa engga sih??? klo gw percaya 5% soalnya gw gak pernah ikut kuis dari XL…… (zramadhan23@yahoo.com)

    (Dodi): Kalo aparat yang berwenang masih juga tidak menindaklanjuti apa yang sudah demikian banyak terjadi ini, mungkin sebaiknya para aparat itu diswastakan aja kali ya ? :)

  11. dw! Says:

    pag! n! ak dpt sms n! katanya n0mr ku dapt und!an h0nda JASS yg d! und! ANTV smlm and p0enya !z!n deps0s R! 237/DPS/lV/09.
    peng!rm +XL tap! yg ng!rm sms malah nyurh nlp ke la!n,,,,,,,!!!!
    bener eg ya…………

  12. Hendry Says:

    sama nech ada yang mengaku dari XL kantor pusat bertempat di Mega Kuningan dengan no XL: 081808051738 … bilangnya sech dapat hadiah … mau bicara dengan yang punya telepon… katanya… dari sini saya udah mulai curiga… ini orang goblok banget kali ya.. ngakunya dari XL tapi nggak tau dia bicara sama siapa… he he he…

    Kalau SMS sudah sering tuch saya dapat.. tapi jangan diladenin dech! dan pernah ada SMS dari 818 saya lapor akhirnya ke 817 (dulu cust service XL 818) malah bingung kok bisa? truz saya forward ke teman di XL SMS tersebut… ech die juga bingung kok bisa ada yang menggunakan 818 padahal udah dinonaktifkan…

    Dia ajah bingung apalagi saya…!! (hartfay@yahoo.com)

    (Dodi): Ok, saya approve

  13. kusdianto Says:

    sama juga disini….ada yg nelpon katany dapat 10 juta, awalnya udah curiga…trus diminta no rekening, akhirnya saya putuskan kasih rekening, tapi yang saldonya sisa Rp38.990….sampai disananya langsung dikatakan error pada pusat pengiriman disana…..
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
    ternyata yg diincar yg gede2 punya…. (kusdianto) (kzd_yang@yahoo.com)

    (Dodi): Agak gak mudeng sech.. sepertinya modusnya berbeda dengan yang saya alami kali ya. Dia gak bisa ngapa-ngapain klo saya gak ngapa-ngapain. Klo pusat pengiriman bisa melakukan transfer rekening, bukankah berarti bank-nya gak bisa dipercaya?

  14. aria Says:

    saya baru mengalami hal serupa untungnya saya langsung cek di internet….

    akhirx saya tau itu penipuan malahan setelah saya bilang mereka penipu,mereka mengancam mau motong leher saya n membawa kuasa hukum mau memenjarakn saya…
    gkgkgkgkgk

    (Dodi): ..?? gak mudeng ama ancaman kayak gitu..

  15. Rendi Says:

    Saya tadi barusan kena sms yg berhadiahkan undian XL , dia bilang hadiahnya mau di trans ato dianter ,gw bingung untung aja gw tadi buka website dolo sebelum memilih pilihan……………….

    Thanks ya buat yg udah bikin Blog ini

    (Dodi): :)

  16. ety suprihatin Says:

    Hari ini aku juga ngalamin hal serupa diatas, tapi alhamdulillah masih dilindungi Allah. Jadi gak sampe bener2 ketipu. Saya tersadar setelah di ATM, kok orang itu mengarahkan kearah transfer dan saya bener2 tercengang saat saya baca baik2 “masukkan no. rekening dan kode bank yang anda tuju”. Sekali lagi Alhamdulillah masih dilindungi Allah.Semoga gak ada lagi orang yang ketipu model undian XL seperti yang saya alami. Amiiiiiiin

    (Dodi): Ok, saya approve..

  17. Michael Says:

    Nomor +62817744553 juga penipu nih.. pake ngatain orang anj*ng segala lagi.. masa nelpon orang nggak tau namanya?

    (Dodi): ..??

  18. Bambang Hidayat Says:

    Gw juga nih hari ditelponnya 7 May 2010
    dia bilang gw dapet 10 juta + 1 juta pulsa, yang bawa acaranya eko sama luna maya… katanya….
    logat batak…… dia bilang nih uangnya mau dicairin ngga ?
    gw bilang untuk kamu aja… telpon langsung diputus (bambang_hidayat@yahoo.com)

    (Dodi): Sundul rame2 yuuuk!
    Biar jadi “Pertamax” di “PageOne” [lol mode]

  19. Dodi Says:

    Saya punya mahasiswa yang menjadi anak wali saya, dan statusnya udah diterima KP alias kerja praktek di XL. Namun lucunya, dia cerita sama saya bahwa dia tidak mendapatkan kerja praktek yang seharusnya dapat ia lakukan meski statusnya udah diterima KP di XL. Dia sampe mondar-mandir hingga semesteran habis, juga belum mendapatkan kerja praktek yang seharusnya ia lakukan. Sampe pada akhirnya daripada buang2 waktu, ia memilih mundur saja dan mencari kerja praktek di tempat yang lain. Hmmm.. yang kayak gini seh saya percaya deh klo kejadiannya di XL :) Tapi begini mungkin masih mendingan kali ya. Karena ada juga mahasiswa saya yang lain yang kerja praktek di perusahaan BUMN, bukannya dia yang dibayar, malahan dia yang disuruh membayar [geleng2 kepala mode]. Kuerrrueeeeeennn dahhh..

  20. asep Says:

    ugh,, barusan juga saya ditelpon sama yg namanya rizky aditya, ngomong pake logat batak,, dia fikir orang indonesia sebodoh yg dia kira,,, kini jaman internet,, disini kita bisa cari imfo, tentang seputar promo, ini no yg barusan telp tgl 10-ags-2010 10:03wib (jakarta timur) modusnya sama seperti diatas, setelah saya omonin balik, “mohon ma’af pak rizky, kalo yg namanya hadiah yg bener bener hadiah itu, kita dateng ketempat ketemu yg bersangkutan dikantor, bertemu redaksi, bag. promosi, artisnya yg bersangkutan diundi melalui media massa, ini tiba-tiba telpon mengatakan bahwa no saya masuk di 3 besar, apa apaan, kamu mau nipu??” kata saya.
    dia langsung gak bisa ngomong, jadi kesimpulanya, mohonn kepada para aparat, ditangkap orang orang seperti itu, apa lagi ini menjelang puasa, tolong dibasmi orang2 yg suka menipu dengan modus seperti itu, semoga para aparat kita menbaca & mendengar keluhan masyarakatnya, jangan hanya punya moto saja “MENGAYOMI MASYARAKAT” buktikan dong pak…. jangan hanya plangnya aja GEDE….

  21. Pengurus 04/014 GPA Says:

    Terdapat juga modus penipuan yang marak seperti yang terdapat di link sbb:

    http://gpa0414.blogspot.com/2010/06/penipuan-berkedok-anak-mengalami.html

    Agar bila ada sms dari nomor tidak dikenal yang menyatakan bahwa ada anggota keluarga yang mengalami musibah, jangan buru2 percaya. Juga beritahu orang rumah agar jangan mudah percaya bila ada telpon dari orang yang tidak dikenal perihal hal tersebut. Karena penipu juga sering menelpon melalui telpon rumah.

    Penipu2 semacam ini benar2 MEMUAKKAN!!! Sampe heran aparat dan provider telpon kok seperti tidak berbuat sesuatu sama sekali.

Leave a Reply