Antara Kebiasaan Merokok dan Penyakit Kanker

Sekitar sebulan yang lalu, salah seorang teman saya yang dulu pernah kuliah bersamaan dengan saya, mendapat kesempatan untuk membagi pengalamannya kepada saya dan teman-teman saya lainnya, yang merupakan alumni dari FTUI Elektro angkatan 95.

Berlatih Tai Chi di Kompleks Departemen Keuangan, Karang Tengah, Ciledug, Tangerang

Ada yang menarik dari kisahnya, yaitu tentang bagaimana merawat para sepuh di usia senja. Hal yang pada akhirnya menjadi sebuah kesimpulan yang saya ambil berdasarkan kisahnya. Kesimpulannya adalah bahwa kebiasaan merokok, bisa memicu sel kanker.

Memang saya bukanlah pakar kedokteran. Apa yang saya sampaikan lebih pada usaha saya untuk mencari hubungan antara kebiasaan merokok dan penyakit kanker seperti yang diuraikan teman saya tersebut. Meski telaah yang saya lakukan hanyalah mencari hubungan secara blackbox saja, yang juga belum memenuhi unsur standar dari ilmu statistik, namun entah mengapa saya meyakininya sebagai sebuah kebenaran.

Ada satu hal yang saya ingat dari penuturan teman saya tersebut, yaitu memang benar semua orang pada dasarnya akan mati. Namun bagaimana kita mati, dalam arti mati bukan karena penyakit berat seperti kanker misalnya, masih bisa menjadi suatu pilihan yang bisa kita pilih semenjak usia dini.

Semoga mendapat hikmah..

NB: Video kisah teman saya bisa dilihat di alamat: youtu.be/-Dsq1pM0fUw

Tags: ,

Leave a Reply


8 − three =