Bicara Kemanusiaan Ala Prancis

Menarik tatkala Indonesia, sebagai negara berdaulat, hendak menerapkan hukum positif terhadap para tersangka pengedar narkoba. Prancis bersuara keras dan lantang, bahkan mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Saya yakin, bila Prancis melihat duduk perkara yang sebenarnya, tentang bahaya pengedaran barang haram tersebut di Indonesia memiliki dampak yang besar, bahkan bisa berdampak multi-dimensi, dan multi-generasi, Prancis akan setuju dengan hukum positif yang diberlakukan Indonesia. Namun sayangnya, saya menganggap sesungguhnya protes keras Prancis, lebih mirip standar ganda dengan dalih rasa kemanusiaan.

Saya yakin, Prancis masih ingat dengan jelas dengan sepak terjangnya di Aljazair, tatkala sebuah partai yang melalui cara-cara yang demokratis memenangkan pemilu, kemudian dijegal dengan terang-terangan, pun dengan dalih mencegah munculnya terorisme.

Saya yakin, Prancis sangat paham dampak dosa yang telah diperbuatnya. Sebab, yang mati sia-sia, boleh dikatakan lebih dari ratusan ribu orang setelah kejadian tersebut. Sebuah pembunuhan massal yang sistematis dan masih mengatasnamakan kemanusiaan ala Prancis.

Saya hanya ingin mengatakan kepada Prancis, bisakah Prancis memperbaiki kerusakan yang telah terjadi akibat sepak terjangnya tersebut? Apakah Prancis masih merasa dirinya sebagai bangsa beradab, ataukah lebih mirip seperti bangsa barbar alias agresor?

Sebagian manusia di dunia ini memandang kematian sebagai suatu kemuliaan. Namun lantaran hal tersebut, pernah muncul kisah sebuah bangsa yang mencapai masa kegemilangannya. Hal tersebut terjadi, justru karena cara pandang yang benar atas kematian. Cara pandang yang pada akhirnya membuat sebuah bangsa tidak sekedar eksis, namun juga mencapai kejayaannya. Bagaimanakah Bangsa Prancis memandang suatu kematian? Apakah Prancis sangat berambisi atas pencapaian kemenangan dunia yang sempit, sehingga menghalalkan segala cara termasuk standar ganda? Sesungguhnya jawaban atas pertanyaan tersebut, sangat menentukan nasib Bangsa Prancis, apakah Prancis merupakan sebuah bangsa yang mulia, atau hanyalah bangsa barbar yang hina.

Tags: ,

Leave a Reply


× 2 = two