Di Balik Kesulitan, Ada Kemudahan

Pada masa pandemi, banyak orang merasa mendapatkan kesulitan akibat terbatasnya mobilitas, termasuk di antaranya diri saya sendiri. Namun Alloh SWT menyatakan pada Surah Al-Insyiroh (yang artinya kelapangan), pada ayat 5, bahwa di balik suatu kesulitan, terdapat kemudahan. Bahkan hal ini diulangi lagi pada ayat 6-nya, seakan sebagai bentuk ketegasan sebuah pernyataan.

Sebagai sebuah contoh kasus saja, sebagaimana yang terlihat pada foto citra satelit berikut ini, terlihat adanya perbaikan kualitas udara semenjak terjadinya pandemi. Foto satelit tersebut adalah berdasar majalah IEEE Spectrum bulan Juni 2020.

air quality recovery in 2020

Sedangkan PBB sendiri menyatakan, bahwa investasi sebesar 1 dollar untuk perbaikan lingkungan pada suatu masyarakat, maka akan menghasilkan keuntungan bagi masyarakat tersebut sebesar 2 dollar. Sehingga dari perbaikan kualitas udara yang terjadi sesuai foto citra satelit tersebut, tanpa disadari oleh kebanyakan kita, sesungguhnya kehidupan di bumi telah diuntungkan. Mungkin hanya kebodohan kitalah yang disebabkan kacamata pandangan kita yang sempit, yang membuat kita hanya memandang bahwa kseulitan hanyalah mendatangkan kesempitan, padahal sebenarnya ada keluasan di balik itu yang tidak kita sadari.

Tags: ,

Leave a Reply


7 − = four