Manfaat Menjadi Anggota IEEE (Bagian Pertama)

Meskipun jumlah perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak, namun baru saya sadari belakangan ini, bahwa tidak sedikit dari entitas universitas tersebut tidak memahami apa itu organisasi IEEE. Tentu saja dalam hal ini berarti juga kurangnya pemahaman apa manfaatnya menjadi anggota dari organisasi IEEE ini.

Terus terang saya adalah orang yang baru saja mendaftar organisasi ini. Artinya termasuk orang yang masih baru, atau boleh dibilang cukup awam tentang seluk beluk organisasi IEEE ini. Namun berdasarkan pengalaman dari seorang teman yang telah lama menjadi anggota dari organisasi ini, setidak-tidaknya ada beberapa hal yang saya pahami tentang manfaat menjadi anggota dari organisasi ini.

IEEE logo

Manfaat yang pertama yang saya ketahui adalah saat saya menghadiri sebuah seminar yang ternyata penyelenggaranya adalah teman lama saya sendiri saat saya duduk di bangku kuliah. Saat itu seminarnya adalah tentang energi terbarukan. Saya sempat bertanya kepada teman saya bagaimana caranya mengatur event semacam ini, terutama dalam hal pembiayaannya. Lalu teman saya menjelaskan bahwa dia hanya cukup menyediakan tempat dan mengundang para calon peserta saja, di mana tempat penyelenggaraannya adalah dengan meminjam dari lembaga penelitian seperti LIPI, sedangkan pembicara yang merupakan pakar di bidangnya, yang tentu saja mewakili organisasi IEEE, hanya perlu diundang saja. Nantinya, biaya akomodasi perjalanan sang pakar ke Indonesia, akan ditanggung sepenuhnya oleh organisasi IEEE.

“Saya hanya perlu menjemputnya dari bandara ke tempat ini dan nanti mengantarnya pulang ke bandara juga,” ujar teman saya tersebut.

Kemudian teman saya menjelaskan bahwa biasanya di masing-masing negara, seperti halnya di Indonesia, terdapat perwakilan local chapter. Para perwakilan ini pada dasarnya melekat pada komunitas tertentu yang terdaftar dalam organisasi IEEE (daftar dari komunitas resmi yang terdaftar pada IEEE bisa dilihat pada https://tinyurl.com/y9y8su4j, atau bisa dilihat pada https://tinyurl.com/yaovqujn di bagian “Society & Council sites”) (daftar dari para perwakilan local chapter di Indonesia dapat dilihat pada http://ieee.id/chapters/). Melalui para perwakilan itulah kita bisa meminta bantuan untuk mendatangkan pakar di bidang tertentu sebagai pembicara dalam forum yang kita selenggarakan (dan tentunya mewakili organisasi IEEE).

Ada hal-hal yang perlu digarisbawahi terkait dengan acara yang diselenggarakan di bawah naungan organisasi IEEE. Pada umumnya, pertemuan-pertemuan yang dilakukan, menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga penting bagi yang berkeinginan untuk bisa hadir di pertemuan-pertemuan tersebut, untuk setidaknya memahami penggunaan Bahasa Inggris.

Selanjutnya yang perlu dipahami, keanggotaan terhadap komunitas resmi di bawah organisasi IEEE, sifatnya adalah berbayar (tidak ada yang gratis). Harga berlangganan dari keanggotaan komunitas bisa dilihat pada https://tinyurl.com/yd4yzdpp. Sehingga pengadaan kegiatan-kegiatan komunitas yang diselenggarakan local chapter, semakin banyak adalah semakin baik, karena akan lebih bernilai ekonomis terhadap biaya berlangganan komunitas IEEE yang diambil.

Untuk acara-acara yang diselenggarakan oleh local chapter di Indonesia, bisa dilihat di https://tinyurl.com/y8h4lp9f, di mana untuk indonesia, termasuk ke dalam Region 10. Pada dasarnya semua acara yang diselenggarakan bersifat GRATIS, namun dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu bagi para calon pesertanya.

Demikian uraian dari saya, semoga bermanfaat, terutama bagi institusi-institusi pendidikan tinggi di Indonesia, yang bermaksud mengundang para pakar berkelas internasional untuk menyelenggarakan transfer knowledge kepada para entitas di institusinya masing-masing. Semoga pemberdayaan entitas di perguruan tinggi di Indonesia dapat semakin meningkat. Amin.

Tags: , , ,

Leave a Reply


two + = 7