Pulang Kampung dan Sejatinya Pulang

Pulang kampung, seperti menjadi tradisi buat para pemudik yang ingin berlebaran dengan sanak keluarganya. Seperti pada umumnya orang yang berlebaran, mereka tentu mempersiapkan perbekalan agar dapat sampai tujuan dan tinggal beberapa saat di tempat tujuan tersebut. Di kampung halaman, setelah melepas rindu dengan sanak keluarga, tentunya akan terbersit keinginan untuk kembali ke lingkungan semula, di mana keseharian mereka telah tinggal selama ini. Sehingga boleh dikatakan, waktu untuk tinggal di kampung halaman pun tidak akan lama-lama, atau setidaknya berbatas waktu.

”Jalan

Namun, sejatinya pulang, yaitu pulang ke negeri akhirat, yang mana semua manusia tanpa terkecuali akan pergi ke sana, setibanya di sana, mereka tidak akan dapat kembali ke dunia. Mereka akan tinggal selama-lamanya di negeri akhirat tersebut, sesampainya mereka di sana. Perbekalan yang dapat dijadikan andalan untuk mereka hanyalah amal kebaikan yang diterima oleh Alloh SWT.

Ingat pulang kampung, ingatlah juga kampung akhirat.

Semoga kita dipertemukan kembali pada Ramadhan berikutnya. Selamat Idul Fitri 1436 Hijriah. Taqaballahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir bathin.

Tags:

Leave a Reply


+ nine = 18