Surat Pertama Pada Asisten Laboratorium Jaringan Komputer

Mohon diperhatikan…

Pertama, saya melarang keras adanya bantal, guling, kasur atau benda2 yang memiliki kemiripan dengan itu untuk diletakkan di dalam laboratorium jaringan komputer. Paling tidak yang diperbolehkan hanyalah.. tikar.. itu pun harus dalam keadaan rapi. Bila Anda keberatan dengan alasan Anda takut masuk angin karena aturan ini, silakan Anda merekomendasikan teman Anda yang lain yang lebih tahan untuk tidak masuk angin untuk menggantikan posisi Anda sekarang ini. Saya juga bermaksud mengeluarkan semua meja besar dan menggantinya dengan ‘meja compact’ untuk komputer. Sehingga barang2 inventaris lab dapat dimonitor dengan baik, apakah itu milik lab atau bukan. Mohon segera diatur.. saya gak peduli mo yang melakukan kerja lab mesti nongkrong di lantai sekalipun.. saya ingin semua meja yang besar2 segera dikeluarkan dari lab.. segera.. Untuk sementara ini asisten diperkenankan membawa komputer pribadi untuk melengkapi komputer lab dengan pertimbangan efektifitas kerja lab yang akan dilakukan. Untuk yang satu ini saya berterimakasih pada Anda yg mo mengorbankan komputer pribadi untuk digunakan bagi kepentingan institusi.

Kedua, bila asisten beserta “gank”-nya hendak memakai fasilitas lab untuk kepentingan pribadinya seperti membuat PR atau semacamnya, maka hal itu hanya boleh dilakukan dengan semena-mena hanya pada hari Sabtu atau Ahad dengan mempertimbangkan bahwa memang hari itu lab tidak digunakan sesuai fungsinya. Dua hari itu saya anggap adalah milik asisten. Tapi diluar dua hari itu.. maka fasilitas lab adalah milik semua mahasiswa maupun entitas yang terlingkup dalam departemen informatika dan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk menggunakannya. Termasuk mahasiswa kelas malam. Mohon para asisten membuatkan prosedur penggunaan lab termasuk.. JADWAL.. yang dipublikasikan di mading.. atau suatu website (saya sangat menyarankan yang terakhir ini mengingat ‘ketahanan’ informasi pada website lebih baik daripada mading, termasuk daya jangkaunya). Log penggunaan dan fasilitas yang digunakan mohon dibuat tercatat dan dilaporkan untuk bahan pertimbangan pengembangan lab selanjutnya. Ini sangat penting! Jangan sampai para asisten bekerja super banyak.. namun dokumentasi gak ada.. akhirnya dianggap kerjanya.. nothing!

Ketiga, “pemecatan” dalam kamus saya terhadap asisten yang saya anggap tidak dapat bekerjasama dengan saya adalah berlaku di kamus saya. Anda terpilih sebagai asisten dengan pertimbangan tidak semata-mata pandai.. namun juga karena saya menganggap memiliki attitude yang baik. Mohon pertahankan kepercayaan saya tersebut. Itu adalah dasar mengapa saya.. MERESET.. lab ini dari awal lagi dengan tujuan disiplin.. lebih baik lambat namun segala sesuatunya ditata dengan pondasi yang kuat ketimbang super cepat namun dengan pondasi yang rapuh.

Mohon dapat dimaklumi..

Tags:

Leave a Reply


one × = 4