Akibat Kegagalan Memanusiakan Manusia

Pernahkah Anda mengalami perasaan di mana Anda sangat takut menjadi miskin? Sepertinya kebanyakan kita sebagai manusia, yang kadang memiliki perasaan sangat takut melarat. Tetapi yang menjadi masalah adalah bila rasa takut semacam itu menjadi sebuah ketakutan yang amat sangat.

Percayakah Anda bila hal tersebut muncul di benak kita lantaran jangan-jangan kita telah menjadikan diri kita bukan selayaknya seorang manusia?

Logikanya seperti ini, anggaplah manusia adalah murni sama seperti robot. Lalu apa yang terjadi bila sebuah robot tidak lagi berguna? Apa yang menyebabkan harga sebuah nyawa manusia seakan menjadi sangat murah? Apakah saat itu nyawa dianggap sebagai milik manusia? Atau mungkin sama sekali bukan yang demikian?

Saat manusia bukan lagi milik manusia dengan kemanusiaannya, maka manusia saat itu, yang paling tinggi derajatnya sekalipun, akan menjadi tidak berharga sama sekali. Hidup penuh ketakutan, tidak tenang, layaknya terkena penyakit jiwa semacam paranoid terhadap kejatuhan atas derajatnya. Hal-hal yang saya sebutkan, terjadi tatkala manusia gagal memanusiakan kemanusiaannya.

Mesjid di Koln Jerman

Namun yang terpenting dari apa yang saya gambarkan tadi, adalah bagaimana caranya agar kita tidak mengalami kegagalan dalam memanusiakan kemanusiaan kita.

Percayakah Anda bahwa salah satu cara memanusiakan manusia adalah menjadikan manusia memiliki sesuatu yang pantas disembah? Karena itu adalah sifat manusia yang paling mendasar, yaitu kebutuhan hakiki untuk berlindung kepada Zat Yang Maha Kuat.

Semoga mendapat hikmah dan pelajaran.

Tags: ,

Leave a Reply


4 − one =