Jaring Ikan yang Bersahabat dengan Lingkungan

Sustainability menjadi sebuah kata penting tatkala suatu wilayah dieksploitasi oleh manusia. Sebab bila hal ini tidak diperhatikan, maka manusia sendiri yang akan rugi.

Pernah saya mendengar kisah suatu daerah yang dulunya dikatakan sebagai penghasil ikan terbesar di dunia. Namun sekarang, penduduknya terpaksa mencari nafkah dengan cara mencari siput di pinggir pantai. Hal tersebut terjadi karena pada suatu masa, penduduknya sangat rakus mengeksploitasi ikan-ikan yang ada di pantai dan di laut daerah tersebut, tanpa memperhatikan kemampuan recovery dari ikan-ikan untuk melakukan regenerasi.

inovasi jaring ikan yang bersahabat dengan lingkungan

Model jaring ikan yang baik (Sumber: tinyurl.com/ycmq2kct)

Saya sempat berselancar di dunia maya dan menemukan model jaring ikan yang bersahabat dengan lingkungan. Dengan menggunakan jaring seperti ini, ikan-ikan kecil masih bisa lolos dan hanya ikan-ikan besar saja yang akan terperangkap di dalam jaring. Sehingga harapannya, ikan-ikan dapat terus melakukan regenerasi. Dengan kata lain, pada akhirnya alam tetap bisa menjaga kemampuan produksinya meski dieksploitasi oleh manusia.

Sering, bahkan sangat sering, karena tabiat manusia yang serakah pada akhirnya melupakan masalah sustainability ini. Ujung-ujungnya hanya penyesalan belaka.

Tags: , , ,

Leave a Reply


7 × = fourteen