Ketidakadilan Penguasa, Menciptakan Rakyat Pemalas

Pemalas, bisa jadi suatu ungkapan yang sering kita tujukan pada orang yang enggan untuk patuh kepada kita. Namun bisa jadi sebenarnya kitalah yang menjadi penyebab keengganan orang tersebut untuk patuh. Bisa jadi “punish and reward” yang kita berikan tidaklah benar, lantaran ketidakadilan diri kita.

Adil di sini juga bisa diartikan menempatkan sesuatu pada tempatnya. Termasuk ketidakadilan, manakala kita berharap menyita waktu seseorang agar memperhatikan kita, namun sesungguhnya kita hanya sekedar bermain-main, padahal orang tersebut sedang serius dan sibuk pada hal lain yang sesungguhnya membutuhkan perhatian yang jauh lebih serius daripada apa yang kita sampaikan.

Sebenarnya bila disebutkan, apakah penguasa yang ada sekarang ini sudah bertindak adil? Sepertinya tidak sulit untuk mencari contoh ketidakadilan yang dilakukan penguasa saat ini. Coba lihat foto di bawah ini.

Pabrik di pinggir sungai

Ini adalah bangunan bertingkat (yang rencananya menjadi pabrik) yang berdiri di pinggir sungai. Apakah bangunan tersebut memenuhi batas pendirian bangunan yang aman dari bibir sungai? Jawabnya tidak. Tentunya sudah pasti ketentuan AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) sudah dilanggar oleh si pemilik bangunan tersebut. Pertanyaan lainnya, siapa pemberi izin pendirian bangunan ini? Apakah penguasa tidak memiliki andil atau peran dalam pemberian izin pendirian bangunan tersebut?

Kadang sangat naif bila penguasa berharap agar rakyatnya menjadi rakyat yang rajin, termasuk rajin membayar pajak, tatkala pemerintah sendiri tidak sanggup memberikan “punish and reward” yang sesuai kepada rakyatnya.

Saya yakin bila “punish and reward” yang baik bisa diterapkan oleh penguasa, sehingga dalam hal ini penguasa bertindak dengan seadil-adilnya, maka tidaklah perlu mengeluarkan effort atau usaha yang besar, termasuk sampai membuat program semacam sosialisasi “revolusi mental”, agar rakyat menjadi rakyat yang rajin.

Semoga mendapat hikmah dan pelajaran.


Beberapa aturan terkait AMDAL dapat diunduh di beberapa link sbb:

TINYURL.COM/HAW3U3K
Mirror link : TINYURL.COM/ZGAS4GN

TINYURL.COM/ZNAPEZ7
Mirror link : TINYURL.COM/ZXZ4UKP

Tags: , ,

Leave a Reply


five + = 14