Kisah Data Yang Berharap Bisa Menjadi Manusia

Kisah ini diambil dari sebuah karya science fiction. Data yang dimaksud di sini adalah mahluk yang memiliki nama Data. Ia adalah cyborg yang pada akhirnya membantu Kapten Jean Luc Picard memimpin ekspedisi luar angkasa antar galaksi dengan menggunakan Pesawat Enterprise.

Singkat cerita, pada suatu pertempuran di galaksi, Data tertangkap oleh musuh bebuyutannya yang jauh lebih cerdas darinya. Saat tertangkap, tubuh Data dibedah untuk dipelajari oleh musuhnya. Saat proses pembedahan, musuhnya menggoda Data dengan bertanya apakah Data ingin hidup sebagai seorang manusia. Data hanya diam saja, meski ia sangat menginginkan hal itu. Entah dengan cara memasangkan sensor tertentu di tubuh Data, sang musuh seperti berhasil membuat Data memiliki kulit lengan yang bisa merasakan sentuhan layaknya manusia. Musuh dari Data kemudian meniup lengan Data. Data tiba-tiba saja merasakan sensasi tiupan angin dari mulut musuhnya, hingga tubuhnya berguncang dengan hebat. Untuk pertama kalinya sejak ia diciptakan sebagai cyborg, akhirnya Data mampu merasakan sesuatu yang dirasakan manusia melalui kulit lengannya. Sesuatu yang selama ini tidak pernah mampu ia wujudkan.

Pada akhirnya, Data berhasil diselamatkan oleh Kapten Jean Luc Picard. Akhirnya terjadi perbincangan antara sang kapten dengan Data. Data mengungkapkan bahwa untuk waktu yang sesaat, meski itu hanya beberapa detik saja, ia merasa telah hidup sebagai seorang manusia. Sang kapten yang tidak begitu paham maksud ungkapan Data, kembali bertanya untuk memperjelas apa yang ia maksudkan sesungguhnya. Data kemudian memperjelas, bahwa untuk waktu yang hanya beberapa detik saja itu, ia seolah-olah telah menjadi seorang manusia selama-lamanya.

Dari kisah yang saya uraikan, sebenarnya ada hikmah yang bisa diambil. Betapa mahluk sehebat Data, dengan kecanggihan komputasi otaknya dan kekuatan tubuhnya yang bagai robot super, bila diberi pilihan apakah ingin menjadi manusia atau cyborg, maka sangat besar kemungkinannya ia akan memilih untuk menjadi manusia. Bila hal yang sama ditanyakan kepada malaikat, kira-kira apakah jawabannya menurut Anda?

Semoga kita yang telah diciptakan dan telah hidup lama sebagai seorang manusia, mampu untuk bersyukur terhadap anugerah ini. Tentunya dengan cara memeliharanya sesuai dengan yang diamanahkan oleh Alloh SWT. Amin.

Tags: , ,

Leave a Reply


7 × = twenty eight