Manfaat Memaafkan (Bagi Diri Sendiri)

Dari pengalaman saya sebelum, ketika, dan setelah berhaji, cara yang amat mudah untuk bisa mendapatkan rahmat dari Alloh SWT adalah dengan memaafkan. Namun, seringkali yang namanya memaafkan adalah sesuatu yang amat sulit dilakukan. Terutama bila peristiwa yang dialami oleh yang tersakiti begitu mendalam. Terus terang, saya pun mengalami hal yang sama. Pernah tersakiti dan masih tersakiti hingga saat ini (dan mungkin akan mengalami hal yang sama kembali di masa yang akan datang). Namun bila memang tidak bisa menghilangkan rasa sakit itu, setidaknya saya berusaha untuk menguranginya. Sehingga dengan begitu saya bisa memaafkan.

Manfaat Memaafkan

Sumber: GTC

Ada sebuah penelitian, yang mengungkapkan bahwa sesungguhnya memaafkan itu memiliki manfaat bagi orang yang melakukannya. Manfaat di sini adalah berkaitan dengan kesehatan. Diketahui dari penelitian tersebut, bahwa orang yang sukar memaafkan, memiliki kecenderungan penurunan dalam fungsi pankreasnya. Sedangkan pankreas adalah organ penghasil insulin yang berguna untuk memecah gula dalam darah agar dapat diubah menjadi energi. Sehingga sudah barang tentu, kekurangan insulin, akan berakibat pada naiknya gula darah, yang mengakibatkan seseorang menjadi mudah terkena penyakit diabetes.

Sebenarnya saya ingin bercerita tentang hal yang mendasar, bahwa memaafkan itu selalu ada hubungannya dengan sifat-sifat lainnya, yaitu kemampuan bersyukur dan kemampuan untuk ikhlas dalam beramal. Namun semoga saja saya bisa mengutarakannya lain waktu bila Alloh SWT mengijinkan.

Semoga mendapat hikmah dan pelajaran.

Tags: , ,

Leave a Reply


× 1 = six