Seputar Penyakit Jantung serta Tips Pencegahannya

Melihat foto makanan seperti ini tentunya akan menggugah selera kita.

Apple Pie

Photo by Awan

Namun bila makanan yang banyak mengandung gula kita konsumsi secara berlebihan, tentunya lambat laun akan berakibat munculnya penyakit.

Bicara tentang penyakit, penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat ditakuti. Ditakuti di sini, maksudnya, lantaran resikonya adalah berupa kematian. Kematiannya juga sifatnya mendadak. Sehingga bagi seseorang yang berusia 40 tahun ke atas, ini merupakan penyakit yang perlu diwaspadai.

Terdapat beberapa penyebab dari munculnya penyakit jantung. Biasanya efek dari penyebabnya tersebut, muncul setelah waktu yang lama. Misalnya akibat kolesterol. Kolesterol tinggi, menyebabkan penimbunan lemak pada darah yang pada akhirnya menghambat jalannya aliran darah, termasuk aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Penyebab lainnya, selain kolesterol, bisa lantaran darah tinggi, efek dari diabetes, dan juga karena aritmia.

Lalu bagaimana mencegah munculnya penyakit jantung tersebut? Saya perhatikan, walau sebenarnya sudah banyak yang mengerti, tetapi yang paling sulit adalah bagaimana mengubah pola hidup, dari pola hidup yang tidak sehat, kepada pola hidup yang sehat. Seperti berusaha semenjak dini memakan makanan yang rendah lemak, tidak membiasakan jajan sembarangan, dan berolahraga yang cukup.

Makan makanan seperti ikan yang memiliki protein tinggi, sebenarnya sangat baik sekali. Olahraga sebaiknya diarahkan kepada yang melatih cardio, seperti berenang, jogging, dan bersepeda.

Saya sendiri semenjak dulu hingga menjelang umur saya 40 tahun, masih melakukan yang namanya jogging dan bersepeda. Jogging dilakukan tidak perlu lama. Tapi yang penting rutin. Demikian pula dengan bersepeda, alias gowes atau boseh. Saya melakukannya setiap hari Ahad.

Photo by Abdurrahman Baizal

Bersepeda alias gowes atau boseh, ke Alun-Alun Bandung Kota setiap Ahad, seperti sesuatu banget gitu loh..

Tags: , ,

Leave a Reply


9 × four =