Tips Menggapai Kebahagiaan

Saat khutbah menjelang Sholat Tarawih, sang khatib menyampaikan beberapa tips agar manusia dapat menggapai kebahagiaan, baik untuk di dunia, yang tentu saja juga untuk di akhirat kelak.

kebahagiaan

Ada tiga hal yang disampaikannya. Yang pertama, mengenal Alloh SWT. Cara yang paling mudah untuk bisa ma’rifatullah (mengenal Alloh SWT) adalah dengan mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Dimulai dari pertanyaan untuk apa diri ini diciptakan.

Yang kedua, adalah bersikap sederhana. Sikap sederhana dapat menghindarkan manusia dari sifat berlebih-lebihan yang dapat menjebak pelakunya pada perbuatan dosa. Manusia memiliki kecenderungan memuaskan nafsunya, yang memiliki keinginan yang tidak pernah habis. Kesederhanaan akan membuat manusia dapat mengkonstruksi tentang mana yang penting yang harus dilakukan dan meninggalkan hal yang sia-sia.

Yang terakhir, adalah bersikap adil. Sebab, orang yang berbuat adil sangat dekat dengan surga. Terlebih bila hal itu dilakukan oleh seorang penguasa. Dari keadilan yang ditegakkan, akan ada hikmah yang dapat menarik simpati, sehingga akan banyak orang yang semakin dekat kepada ketakwaan.

Tags: ,

Leave a Reply


− 3 = six