Virus Jaringan Januari 2010

Ada virus jaringan dari Cina yang memalsukan MAC Address router / proxy sehingga seluruh komputer intranet yang terhubung ke internet melalui proxy akan terinfeksi virus. Komputer yang terinfeksi virus ini akan meneruskan akses router ini (transparent proxy) sambil “menitipkan” satu link download yang berisi virus. Sehingga mengakibatkan pengakses internet dalam jaringan akan mendapatkan kiriman virus setiap kali membuka browser baik IE, Firefox atau Safari sekalipun tetap mendapatkan kiriman virus. Akibatnya.. akses internet jadi nyala-idup-nyala-idup.. eh.. nyala-mati-nyala-mati! Dan yang bakalan jadi korban bisa.. “S-E-K-A-N-T-O-R” [lol mode].

WASPADA.. terhadap komputer yang tidak menggunakan antivirus. Misalkan merasa aman2 saja dengan memakai aplikasi seperti Deep Freeze. INGAT.. yang dikerjain adalah proxy dan trigger-nya adalah dari komputer yang tidak memasang atau pun meng-update antivirusnya.

Baru terdeteksi hari ini saat komputer saya cuma saya pasangkan Deep Freeze tanpa antivirus. Pas saya pasangin antivirus, tepatnya Avira, langsung terdeteksi.

Untungnya Linux tidak dapat mengeksekusi kode jahat tersebut sehingga PC Linux aman dari aktivitas virus tersebut. Namun secara jaringan, PC yang menggunakan Linux, jaringan http seolah2 tidak terkoneksi atau request http tidak dapat di respon oleh gateway.

Okeh gtu aja pemberitahuan dari Jason Bourne ;p

NB: Sori, karena semalem baru nonton seh. Jadi andrenalin na lagi aktif. Besok2 klo nonton Pirates of the Caribbean ntar bakal jadi alim lagi kok ;p

Tags: , , ,

Leave a Reply


two × 4 =