Berenang Yuk! Mumpung Jawa Barat Lagi Banjir!

Saya ingat saat terjadi hujan selama Satu Malam. Hujan itu terjadi tanggal 5 Februari 2010 malam. Mulai dari abis maghrib.. sampe sekitar jam tigaan dini hari. Lebat seh enggak. Hujan yang biasa ajalah menurut saya. Pas pagi harinya, seperti biasa, saya pergi ke luar rumah melalui jalan utama yang ada di komplek perumahan saya, di Griya Prima Asri, tepatnya di Baleendah.

Alhamdulillah.. saya benar2 bersyukur bisa tinggal di tempat saya yang sekarang ini ketimbang tempat2 saya yang dulu pernah saya tempati di Jakarta, Depok dan Banten. Menurut saya tempat yang sekarang termasuk enak.. baik dari sisi lingkungan.. tetangga.. juga penguasa RT-nya. Saya pun berjalan kaki melewati jembatan yang ada di depan komplek perumahan saya.. yang tentu saja belum juga diperbaiki kerusakannya sampai sekarang meski.. saya sebagai pengurus RT merasa sudah memberitahukannya kepada pihak developer komplek perumahan saya.

Pas saya lihat kali yang ada di bawah jembatan tersebut.. hmmmhh.. ternyata airnya sangat tinggi sekali [geleng2 kepala mode]. Padahal sungai tersebut adalah sungai buatan yang sengaja dibuat oleh developer komplek rumah saya untuk menyalurkan air sungai yang lewat dari hulu ke hilir. Pertanyaan saya adalah.. gimana nasibnya yang di hilir ya.. klo yang di tengah aja airnya sudah setinggi itu..

Ya gtu deh.. saya pun keluar komplek menuju jalan besar yang ada di depan komplek rumah untuk sarapan di warteg. Saya liat ternyata.. macet.. ruarrr biasahhh..

Coba pikir deh pemirsa.. gimana rakyat negeri impian ini bisa produktif klo energi dan umurnya harus habis sebagian besar di jalanan yang kayak gini? Untung na ada Pak Polisi yang coba ngatur. Klo enggak ada.. hmmmhh..

Apalagi kelakuan pengendara motor di kota ini.. udah asal.. gak mau ngalah!!! Persis seperti orang2 yang sering saya tonton klo lagi berdebat di televisi. Sebenernya saya sempet bertanya seh pada awalnya. Kenapa ya kok bisa macet? Biasanya kan jalanan macet klo lagi ada Si Komo ato Buaya lewat. Bener kan ya pemirsa? Si Komo dan Buaya klo lagi lewat di jalanan kan seolah-olah gaya na kayak pemilik negeri impian kan? Namanya juga Komodo ama Buaya. Wajarlah klo jalan lagaknya seenaknya. Karena pada dasarnya otak mereka gak pernah dipake untuk mikir kali ya :)

Saya coba bertanya kepada seorang pengendara yang lewat mengenai penyebab kemacetan. Ternyata ada banjir di Dayeuhkolot.

Ternyata airnya tinggi bener euy pemirsa. Coba liat aja ketinggian air di POM Bensin Dayeuhkolot tersebut. Kayak na yang cuma berani ngisi bensin di POM bensin kayak gtu cuma kendaraan para Superhero doank kali ya. Yang bisa nyilem di dalam air :)

Lalu saya coba periksa air di bawah jembatan yang ada di Dayeuhkolot. Wuihhh.. Subhanallah.. indah euy!!! Kenapa saya sebut indah? Soalnya sampahnya udah gak keliatan. Semuanya air. Sebagaimana sungai seharusnya :)

Saya kasian sebenernya ngeliat para manula yang harus dibantu tatkala menyeberangi banjir. Untunglah masih ada relawan yang mau membantu.

Saya juga kasian pada ratusan keluarga yang rumahnya terkena banjir

Coba deh pemirsa pikirin pertanyaan saya. Klo saya mo buang hajat seperti be-ol misalnya. Trus rumahnya kayak gini. Gimana caranya ya? Kayaknya mesti nanya ke gubernur dan para anggota DPR untuk tau jawabannya :) Ato emang langsung be-ol aja kali ya. Soale kan masalah infrastruktur seperti penanganan banjir bukan prioritas dari gubernur dan para anggota DPR. Masyarakat diminta untuk mengerti sendiri.. tentang bagaimana caranya be-ol dalam kondisi seperti itu. Jadi jangan kaget klo ada yang be-ol sembarangan [Jadi inget lagu anak-anak tempoe doeloe yang berjudul "Jangan pipis sembarangan". Kayak na perlu dibuat satu lagu lagi yang berjudul.. "Jangan be-ol sembarangan" :) ]

Tapi walau begitu.. masih terdapat kegembiraan bagi anak-anak semacam ini. Maklum tata kota na emang tidak dibuat agar anak-anak seusia mereka mudah untuk mencari tempat untuk bermain.

Mumpung lagi banjir.. jadi ada tempat berenang gratis.. :)

Baik banget ya kakak-kakak ini yang megajak adik-adiknya berenang gratis. Saya rasa ini bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Jawa Barat kali ya :)

Ada satu lagi seh kenikmatan akibat banjir. Di antaranya adalah.. karena daerah banjir na diblokir oleh polisi, jadinya jalanan tuh sepi banget. Tapi gak enaknya.. biasalah.. pengendara motor roda dua di negeri impian. Kayak gak bisa ngeliat jalan sepi barang sebentar. Sepi dikit.. langsung deh dipake buat kebut2 an. Saya hampir saja ketabrak motor gara2 ada motor blo’on yang nyusul sepeda saya dari sebelah kiri. Tapi tenang aja pemirsa. Do’a saya udah berubah sekarang dari yang semula cuma “Wa alaikum”, kini menjadi “Semoga mati ketabrak. Amin!”. Dan do’a itu saya layangkan kepada para pengendara motor yang ugal2 an dan suara motornya bikin bising. Padahal aturan larangan membuat kegaduhan dalam berlalu lintas udah ditetapkan loh pemirsa. Tapi yang saya liat.. para polisi kayak udah “cuek bebek” terhadap perilaku pengendara bermotor terutama para pengendara bermotor roda dua. Sekarang saya paham bener kenapa temen saya dulu do’anya sampe kayak nyumpahin mati ketabrak pada para pengendara motor yang ugal-ugalan. Karena udah gak bisa ada yang ngatur mereka selain.. MATI!!!! Klo polisi aja udah nyerah untuk ngatur.. apalagi saya..

Namun kasian deh klo ngeliat para pengendara kendaraan bermotor.. yang cuma bisa lewat jalan yang ada di Bojongsoang. Mulai dari Tugu sampai Terusan Buah Batu tuh.. yang ada.. MUAAACET REK!!!

Bener2 macet batu!!!. Kalo di itung2 macet na tuh bisa nyampe 10 km lebih tuh pemirsa. Harusnya pemerintah daerah segera mendaftarkan kemacetan tersebut agar bisa meraih rekor sebagai kemacetan terpanjang kali ya pemirsa :) Lumayanlah.. boleh dicoba..

Saya sampe berpikir.. gimana ya caranya agar bisa sampe ke tempat saya bekerja? Tapi saya yakin penguasa Jawa Barat bisa menanggung segala kerugian orang-orang yang tidak bisa bekerja lantaran kemacetan seperti ini. Mesti yakin kan ya pemirsa? Kan udah ada yang mikirin gimana caranya.. Jadi kita sebagai rakyat biasa ya manut wae lah :) Kan penguasa selalu.. BENERRRRRRRRRR!!!!!!!!!!!!

NB: Mari tingkatkan biaya pendidikan! Jangan menyerah! Mumpung belon ada undang2 untuk be-ol sembarangan! :)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply


one + 3 =