Hikmah Berbagi, Menjadi Relawan Kelas Inspirasi Bandung

Dengan segala kesibukan saya, termasuk dalam menjalani rutinitas saya dalam bekerja, sesungguhnya selalu ada keinginan untuk berbagi. Berbagi yang murni berbagi, bukan berbagi lantaran ada kepentingan di balik itu, seperti adanya pesan-pesan sponsor.

Pada akhirnya, saya bergabung dengan Komunitas Kelas Inspirasi Bandung, untuk bisa mengaktualisasikan keinginan saya untuk berbagi. Sebuah komunitas yang mengusung tema tentang bagaimana orang-orang yang telah memiliki profesi, membagi cerita dan pengalamannya dalam menjejaki profesinya masing-masing. Dengan harapan, generasi penerus selanjutnya dapat terinspirasi, agar dapat mengikuti jejak mereka, atau bahkan lebih daripada itu.

Saya sendiri sebagai seorang dosen, memiliki tiga fungsi dalam pekerjaan saya. Yaitu sebagai peneliti, sebagai pengajar dan juga sebagai konsultan. Begitu selalu saya menjelaskan, tatkala memberi inspirasi kepada anak-anak di SDN Kacapiring, Bandung yang saya kunjungi.

Ada yang menarik tatkala saya bertanya kepada anak-anak yang saya beri inspirasi. Yaitu tatkala saya menanyakan tetang ketiga fungsi yang tertera dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut. Dari ketiga fungsi tersebut, yang paling banyak diminati oleh anak-anak adalah dosen sebagai peneliti. Kedua adalah dosen sebagai pengajar. Sedangkan yang paling sedikit adalah dosen sebagai konsultan.

Kelas Inspirasi Bandung Angkatan Ketiga

Ada dua hal yang bisa saya ambil hikmahnya dari apa yang saya alami selama saya menjadi Relawan Kelas Inspirasi Bandung. Yang pertama, sebenarnya anak-anak tersebut sudah memiliki keinginan yang besar untuk maju secara akademis. Hanya tinggal apakah para penguasa negeri ini dapat memberi fasilitas yang memadai bagi mereka untuk maju atau tidak. Yang kedua, saya bersyukur karena Alloh SWT yang telah memberikan nikmat begitu banyak kepada diri saya. Yang terkadang, saya baru menyadari hal tersebut, manakala saya melihat ke bawah dan bukan melihat ke atas.

Semoga kita menjadi bangsa yang pandai bersyukur.

Kelas Inspirasi Bandung Angkatan Ketiga

Tags: , , ,

Leave a Reply


× one = 3